“Basement” Monas Juga Punya Fungsi Pertahanan

jokowi 1Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengapresiasi positif rencana penyelarasan strategi pertahanan dan pembangunan kota oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia mengatakan, penyelarasan itu tertuang dalam pembangunan ruang bawah tanah di Tugu Monumen Nasional (Monas).

“Yang gampang saja, tahun depan kita mau buat basement di Monas 160 hektar. Fungsi strategi pertahanan ada di situ, tidak hanya parkir (atau) jual suvenir,” kata Jokowi seusai bertemu Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoedin di Balaikota, Jakarta, Rabu (21/8/2013) siang.

Jokowi menyebutkan, tidak hanya di Tugu Monas, penyelarasan fungsi pertahanan dalam pembangunan akan tertuang dalam infrastruktur Ibu Kota. Misalnya, jalan tol digunakan landasan pesawat tempur, di sejumlah rumah susun sewa yang memiliki fungsi keselamatan warga dan lain-lain.

Kayak Tol Jagorawi, dulu bisa untuk pendaratan pesawat. Sekarang enggak bisa karena ada jembatan penyeberangan. Nah, itu diganti underpass. Plan satu diganti plan dua. Negara mesti punya yang seperti-seperti itu, dong,” kata Jokowi.

Pertemuan antara Jokowi dan Sjafrie itu membahas keselarasan antara strategi pertahanan dan pembangunan di Ibu Kota. Sjafrie mengatakan, perlu ada akses di Ibu Kota agar peralatan militer bisa difasilitasi di dalam penataan tata ruang pertahanan di Jakarta. Menurut Sjafrie, atas konsultasinya dengan Jokowi, program penyelarasan tersebut akan dimulai pada 2014. Ia meminta agar seluruh masyarakat mendukung program itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s